Senin, 31 Agustus 2009

Buat yang hobi mancing...

Trik Mancing Galatama

Tips

Beberapa tip dan trik menarik untuk mancing ikan mas ala galatama :

· Untuk meningkatkan kepekaan gigitan ikan mas, gunakan kenur super. Kenur berteknologi tinggi ini memiliki diameter kecil untuk kekuatan yang sama pada kenur monofilament. Braided Line atau kenur super ini memiliki sifat low stretch (daya renggang/mulur yang rendah) sehingga meningkatkan kepekaan, memudahkan tertancapnya mulut ikan artinya tidak memerlukan sentakan yang terlalu keras, diameter yang kecil meningkatkan kamuflase atau dengan kata lain meminimalkan bayangan kenur yang dapat terlihat ikan. Namun sangat disarankan kenur super ini untuk dipadukan dengan joran dan penggulung yang dikhususkan untuk kenur super agar didapat performanya yang maksimal, sebagai contoh Spider Wire dari Spectra 10 lb ~ 15 lb test dengan Spider Cast Rod dan Spider Cast Reel SC 30 produk Mitchell. Maka sensasi kenur super dapat secara maksimal diterapkan. Namun jika hanya ingin merasakan kehebatan kenur super ini, harap digunakan joran yang agak lentur, kurangi tekanan drag dan mainkan secara lembut ketika menyentak atau memainkan ikan.

· Selain kenur super di atas tadi, untuk meningkatkan kepekaan terhadap sambaran atau gigitan ikan. Gunakanlah jari telunjuk, sambil memegang joran sentuhlah kenur yang keluar dari penggulung dengan telunjuk. Ikan yang gigitannya halus sekalipun akan dapat dirasakan jari anda.

· Biasakanlah setelah melontar umpan untuk tidak segera mengencangkan kenur. Tutup bail arm penggulung yang dibuka saat akan melontar tadi. Pegang dahulu joran atau dapat juga di taruh di tatakan joran. Perhatikan kenur yang mengambang di air, gulung sedikit untuk meluruskan kenur. Biarkan kenur perlahan-lahan tenggelam mulai dari tempat yang jauh. Sesaat setelah melontar tadi adalah awal waktu untuk memperhatikan kenur tersebut, karena sering sekali ikan mas di empang galatama menyambar umpan yang baru terjatuh memecah air. Lihat gerakan kenur yang maju secara perlahan atau cepat, gerakannya seperti ular atau kereta yang bergerak maju, inilah saat yang tepat untuk strike (menggentak joran).

· Pernahkah anda melihat seorang pegalatama yang sedang mengketuk-ketuk gagang dari joran yang bersandar di cagaknya. Tindakan menggedor joran ini bukan tanpa sebab, bukan juga karena pemancing sedang stres karena tidak ditarik ikan. Ketukan pada batang joran akan mengirimkan getaran-getaran lewat kenur langsung menuju umpan. Seandainya joran didiamkan saja, lalu ada ikan mas yang secara halus menyedot umpan namun segera memuntahkannya kembali karena menyadari umpan tersebut memiliki beban akibat pemberat atau kenur. Maka apabila pemancingnya saat itu aktif menggedor joran maka ikan yang sedang menyedot umpan itu akan dikagetkan oleh getaran yang diterimanya hingga membuat ikan tersebut lari menjauh sambil berusaha memuntahkan umpan dan gerak larinya ikan justru membuat kail tertancap dengan sendirirnya di mulut ikan.

· Jangan abaikan gelembung-gelembung udara atau rembesan yang berputar-putar di sekitar dinding kolam bagian dek atau tidak jauh di depan lapak. Memang tak dapat dipastikan apakah itu ikan mas atau ikan mas yang berukuran super, namun tak ada salahnya dicoba. Umpan bom sebaiknya jangan ditempelkan ke rangkaian, cukup taburkan ke arah rembesan tadi. Gunakan umpan yang kecil saja, kalau bisa turunkan umpan secara perlahan agar tak mengagetkan ikan. Setelan drag harap dikurangi. Miringkan joran atau perkecil sudut yang dihasilkan kenur dan dakar kolam sehingga arah kenur menjadi miring atau tidak tegak lurus, sabarlah karena ikan tidak segera memakan umpan. Gerakan-gerakan kecil ujung joran yang menukik ke air menandakan keberadaan ikan. Jangan digentak dulu kecuali bila benar-benar yakin, karena gerakan yang tadi itu akibat kenur yang tersenggol ikan atau ikan sedang menggoser atau membersihkan dasar kolam dengan sirip dan bagian bawah badannya. Gantilah bila beberapa saat umpan tak dimakan. Kesabaran akan berhasil bila tiba-tiba ujung joran menukik deras atau ril yang menjerit karena kenur dilarikan ikan.

S

trategi Saat Lomba

Tips

Pada saat lomba, yang menjadi strategi penting yaitu :

· Datanglah satu jam sebelum lomba dimulai.

· Lengkapi alat atau umpan yang belum dipunyai.

· Jika belum punya langganan kenek, tanyakan panitia lomba kenek mana yang baik.

· Siapkan peralatan pancing, periksa kembali kenur, ikatan, mata kail sekali lagi.

· Buat umpan yang akan digunakan dan telah siap 15 menit sebelum lomba.

· Setelah pengundian lapak, segera bawa semuanya ke sana.

· Lempar pancing tanpa kail untuk mengukur kedalaman air.

· Bila diijinkan melempar bom, lemparlah umpan bom ke tempat yang potensial.

· Saat tanda lomba dimulai teruskan menebar umpan bom pada titik potensial lain.

· Lontarkan pancing, ke tempat yang telah diberi umpan tebaran.

· Jangan ragu menarik pancing dan melemparnya lagi ke tempat tersebut.

· Jangan tergganggu oleh lapak tetangga yang telah lebih dulu manarik umpan.

· Bila di salah satu titik, ikan mas telah makan maka teruslah untuk memancingnya di situ.

· Ikan rame cenderung liar, usahakan jangan melewati lapak orang lain.

· Kusut atau saling terkait kenur adalah sesuatu yang wajar, mintalah maaf jika terjadi.

· Pada titik potensial (hotspot) yang sudah jadi, ikan akan terus berkumpul selama umpan di dasar ada.

· Titik potensial (hotspot) yang sudah jadi ditandai oleh gelembung atau coklatnya air.

· Teruskan mancing di titik tersebut hingga ikan-ikannya tidak lagi menyambar umpan.

· Mulailah mencari tiitk lain yang tadi pagi sudah ditabur umpan.

· Bila di semua titik jarang anda sambaran, coba perkecil bentuk umpan.

· Atau coba gunakan rangkaian kail tunggal.

· Bila tidak juga ada sambaran, biarkan saja dan bersantailah atau makan siang dahulu.

· Buang umpan pagi hari dan aduklah umpan yang baru.

· Lewat tengah hari kembali lontar umpan ke titik potensial pagi tadi.

· Biasanya ikan akan kembali galak memakan umpan.

· Jangan dilupakan titik potensial yang lain, cobalah melemparnya ke sana.

· Bila mendapat ikan besar, cobalah untuk tenang menghadapinya.

· Jangan gugup, mintalah maaf bila ikan melarikan diri ke lapak sebelah.

· Timbang segera ikan bila dirasakan dapat masuk nominasi.

· Jangan putus asa, berusahalah terus dan jangan segan mencoba trik-trik lain.

· Bila lomba usai, kemasi peralatan dan jangan sampai tertinggal.

· Bila belum berhasil jangan kecewa dengan apa yang dicapai hari ini.

· Pelajari apa yang jadi penyebabnya untuk kesuksesan di lain hari.

Pemakaian Essence Oil

Tips

Perlu diketahui bahwa essence oil yg biasa digunakan terdiri dari dua macam bahan: pasta, ekstrak dan crystal. Untuk yg pasta berbentuk kental (mis. merk kupu-kupu, McCormick), ekstrak berbentuk cair (mis. merk diva) dan yg kristal atau bubuk contohnya vanili. Tiap-tiap merk esen ini baik yg ekstrak, pasta maupun bubuk memiliki perbedaan ketajaman wangi dan ketahanannya di dalam air. Sehingga takaran menjadi tidak mutlak, artinya berbeda takaran di tiap mereknya.

Penggunaan esen pasta juga akan mempengaruhi warna dasar umpan sedang yg cair tidak. Sebagai patokan bila ingin mencampur pelet dengan esen adalah wanginya jangan terlalu sangit. Bila lebih dari satu esen maka wangi umpan adalah kombinasi dari esen yg dicampurkan kecuali bila menginginkan wangi tertentu dengan warna berbeda (mis menginginkan wangi nangka tapi warna umpan menjadi hijau, maka pemakaian esen nangka (kuning) dan pandan (hijau) bisa 2:1 dsb.

Kebiasaan kami sebelum membuat umpan adalah mencampur esen-esen yg akan digunakan dengan air lalu diaduk, cium wangi yg didapat, bila dianggap kurang maka tambahkan lagi dgn wangi yg diinginkan. Setelah itu baru sedikit demi sedikit pelet ditaburkan, aduk hingga merata bila terlalu lembek tambahkan lagi peletnya. Sekali lagi cium peletnya untuk merasakan wanginya, bila ada yg kurang maka dapat ditambahkan esennya. Begitupun dengan umpan sagu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar